Halaman

Minggu, 10 Mei 2015

tugas PB






PERTANIAN BERKELANJUTAN
Tugas pertanian berkelanjutan

Oleh:
Nama : hariyanto
NIM   : 110311100038
Kelas  : B


JURUSAN AGROEKOTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2015



Soal :
1.      Apa Pertanian Berkelanjutan itu?
2.      Mengapa kita melakukan Pertanian Berkelanjutan?
3.      Bagaimana cara melakukan Pertanian Berkelanjutan?
Jawaban:
1.      Pertanian berkelanjutan adalah pemanfaatan sumber daya yang dapat diperbaharui  dan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui untuk proses produksi pertanian dengan menekan dampak negatif terhadap lingkungan seminimal mungkin. Dan pertanian berkelanjutan ialah suatu cara bertani yang mengintegrasikan secara komprehensif aspek lingkungan hingga sosial ekonomi masyarakat pertanian. Suatu mekanisme bertani yang dapat memenuhi kriteria yang pertama adalah:
·         Keuntungan ekonomi
·         Keuntungan sosial bagi keluarga tani dan masyarakat
·         Konservasi lingkungan secara berkelanjutan
Identk dengan pertanian organik tentunya pertanian berkelanjutan tidak terlepas dari kesuburan tanah, apabila tanah itu subur maka akan baik pula pertanian berkelanjutan semakin bagus dan membuahkan hasil yang maksimal.
2.      Karena Untuk melestarikan lingkungan hidup dan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab setiap insan dibumi. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup disekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.  Sekecil apapun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak bagi generasi anak cucu kita. Di era modern kini banyak aktivitas manusia yang mengakibatkan rusaknya lingkungan yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Keadan tersebut menimbulkan dampak negatif disekitar lingkungan kita. Pemanasan global, tanah longsor, banjir salah satu contoh akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab maka merusak lingkungan. Dengan adanya kondisi tersebut, maka diperlukan upaya penyelamatan lingkungan salah satunya yakni dengan pertanian berkelanjutan, dengan cara :
·         Melakukan penyuluhan atau sosialisasi terhadap masyarakat akan pentingnya melakukan pertanian yang ramah lingkungan.
·         Mengganti pupuk kimia dengan pupuk kandang maupun pupuk organik yang kandungannya lebih baik untuk pertumbuhan tanaman.
·         Melakukan penghijauan, dimulai dari penghijauan dipekarangan rumah.
·         Tidak mengalihfungsikan hutan menjadi lahan pertanian. Hutan selain menjadi paru-paru dunia juga dapat berfungsi untuk  mencegah adanya tanah longsor di daerah pegunungan juga sebagai sumber plasma nutfa.
·         Mandiri dalam mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari dengan cara bercocok tanam yang ramah lingkungan dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya.
           
3.      Dengan melakukan praktek dan mempertimangkan 3 aspek :
·         Aspek ekonomi.
Dalam melakukan pertanian bberkelanjutan, selalu mempertimbangkan efisiensi terhadap penggunaan sumberdaya, efisiensi terhadap penggunaan bahan input eksternal, meminimalkan biaya pengobatan dan meningkatkan pendapatan dan nilai tambah.
·         Aspek ekologi
Dalam pertanian berkelanjutan selalu diupayakan semaksimal mungkin memanfaatakan input lokal, meminimalkan polusi dan proses kegiatan produksi, memperbbaiki tekstur dan kesuburantanah, menyeimbangkan keanekaragaman biologi, mengedepankan usahatani berkelanjutan, konservasi sumberdaya alam dan berupaya menjaga keseimbangan ekosistem.
·         Aspek sosial
Dalam pertanian berkelanjutan harus selalu berupaya menigkatkan kepekaan yang lebih baik terhadap lingkungan, penghargaan terhapadap budaya lokalpemenuhan kebutuhan produk yang sehat dan aman dikonsumsi dan mengutamakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.
                        Dan tentunya harus ada dukungan warga setempat dan untuk melakukan pertanian berkelanjutan bias dengan cara menanam bibit pohon yang telah ditebang dengan cara organic tanpa ada bahan kimia dan harus mengandalkan bahan organic misalnya dari pupuk kandang , dan lain sebagainya. Agara unsure hara yang terkandung didalamnya tetap terjaga dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar